Adsense Header

Pelajaran Ketika Membawa Anak Kecil Ke Masjid



Shalat adalah perintah agama yang wajib kita kerjakan. Shalat wajib yang 5 waktu bagi laki-laki diwajibkan berjamaah di masjid. Ketika adzan berkumandang maka kita sebagai laki-laki bersiap untuk shalat berjamaah di masjid dengan niatan ingin lebih khusyuk dan mendapatkan pahala yang berlipat. Sesampai di masjid, terkadang kita melihat ada anak-anak yang juga ikut shalat disana. Dimulai dari anak yang kalem yang benar-benar ingin shalat samapai anak-anak yang hanya datang untuk bermain bersama teman-temannya.

Anak-anak yang hanya datang ke masjid untuk bermain ini tentu sangat mengganggu jamaah yang lain yang sedang shalat. Niat pengen khusyuk malah jadi gak khusyuk karena terganggu dengan suara berisik dari anak-anak tersebut. Tapi biasanya jamaah lain juga hanya menegur sedikit karena dirasa gak enak sama orang tua yang membawanya.

Bagi orang tua yang ingin membawa anaknya shalat ke masjid, mungkin harus mengetahui beberapa hal berikut supaya anaknya tersebut tidak mengganggu jamaah lain. Ini nasihat penting bagi orang tua yang membawa anaknya ke masjid saat shalat berjama’ah agar tidak mengganggu jama’ah yang lain saat shalat.

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid mengatakan
  • Jika anak sudah menginjak tamyiz (bisa membedakan baik dan buruk) dan tidak mengganggu orang lain yang shalat, maka mereka tidak patut dikeluarkan dari masjid. Mereka tetap berada dalam masjid sesuai di tempat mereka yang terlebih dahulu mereka ada. Namun dalam shaf, anak-anak tersebut mesti dipisah jika khawatir saat shalat mereka akan tetap bermain-main.
  • Jika anak tersebut malah sukanya teriak-teriak dan berlarian di masjid, serta gerakan mereka hanya mengganggu jama’ah lainnya yang sedang shalat, maka orang tua mereka baiknya tidak membawa mereka ke masjid. Jika dalam keadaan seperti ini mereka tetap dibawa padahal sering membuat keributan, maka hendaknya mereka dibawa pulang oleh orang tuanya dan disuruh shalat bersama ibu mereka di rumah. Kita pun tahu bahwa tempat shalat seorang wanita yang terbaik adalah di rumahnya.
  • Jika anak tersebut tidak diketahui manakah orang tuanya yang hadir di masjid, maka keluarkan mereka dengan lemah lembut, tidak bersikap kasar dan ganas.
Patut diingatkan seperti di atas walau orang tua beralasan mendidik anak untuk bisa shalat berjamaah di masjid, namun maslahatnya hanya untuk satu orang, sedangkan kerugiannya ada pada banyak orang.
Semoga Allah Azza Wa Jalla memberi kita hidayah.

0 Response to "Pelajaran Ketika Membawa Anak Kecil Ke Masjid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel